Friday, August 22, 2014

ACID FREE PAPER, apa itu?

karya lubna,faika dan afi menggunakan cat air
Untuk keperluan berkarya anak-anak kelas lukisku saya usahakan mencari kertas yang baik. Selain baik juga mudah didapatkan dan tidak menjadi alasan untuk tidak berkarya kalau stok kertas habis.

Untuk keperluan sketsa, saya gunakan kertas bekas ukuran A4. Didapatkan dari minta sama teman yang bekerja. Biasanya kertas bekas salah print atau bekas modul belajar yang tidak rahasia dan tidak terpakai akan saya tampung.

Selain itu untuk membuat karya gambar anak TK yang berbahan krayon pastel dan pensil warna, saya gunakan karton linen ukuran "legal". Selain bertekstur, bahan karton cocok untuk anak-anak yang suka mewarnai dengan cara ditekan kuat saat mewarnain.

Yang terakhir untuk karya cat air dan cat akrilik, saya menggunakan kertas watercolor "ACID FREE" yang saya beli di toko suply bahan dan alat lukis makassar

KERTAS ACID FREE
Kertas yang bebas asam diperlukan agar tidak terjadi perubahan warna dari hasil terakhir. Asam cukup merusak kertas, dan bisa muncul karna beragam hal termasuk sentuhan kertas dengan media lain, misalkan saja penggunaan media gambar yang memiliki minyak (oil) pada kertas yang memang tidak memiliki lapisan pelindung asam, atau kertas yang ketika menggambar beralaskan papan triplek non varnish, dimana papan triplek memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, karna itu pastikan alas gambar anda telah di varnish atau dilindungi oleh plastik, sebelum kertas gambar menempel pada papan.

Kertas Acid free, dapat dilihat dari keterangan Acid free, yang tertera pada packaging, dan rata - rata kertas acid free terbuat 100% cotton, bukan dari bubur kayu..

Beberapa icon pada kertas di bawah ini, diambil dari :
Kertas Canson MOULIN DU ROY 300GSM
Pada karya seni cetak grafis konvensional yakni woodcut yang cenderung menggunakan cat - cat berbahan dasar oil, pilihlah kertas yang gram dan teksturnya sesuai, tidak terlalu tipis, karna kertas harus bisa menguasai tekanan dari mesin, namun bisa juga menggunakan ketipisan kertas pada gram 180-200 asalkan memiliki serat kertas yang panjang, sehingga kertas tidak mudah sobek.


Dengan tinta Oilbased yang digunakan pada kertas, lambat laun kertas dapat menjadi menguning karna asam tinggi dari tinta, hal yang dapat kita lakukan adalah, melapisi lapisan permukaan kertas dengan gesso clear tipis, untuk menjaga kertas dari asamnya tinta cetak.
Permukaan kertas turut mempengaruhi kualitas pengaplikasian media sebagai sebuah karya. Umumnya ada 3 hal yakni Rough, Coldpress dan Hotpress.

Coldpress merupakan sebuah proses penekanan kertas saat pembuatan, dimana permukaan plat penekan dalam keadaan dingin. Hal ini menciptakan permukaan Kertas yang cenderung bertekstur, namun tidak sekasar Rough dan tidak sehalus Hotpress, Teksture yang dihasilkan bisa berupa teksture dari alat penyaring bubur kertas/bubur kayu/bubur kapas, atas teksture yang diterapkan pada permukaan bidang press. Cocok untuk teknik tradisional dari watercolour, dan merupakan jenis paling umum yang digunakan seniman cat Air.

Sedangkan Hotpress adalah teknik pengeringan kertas, dengan memanaskan permukaan bidang press, sehingga menghasilkan tekture permukaan kertas yang cenderung halus, seperti kertas yang dipress oleh permukaan setrika . Kertas jenis ini begitu halus, baik untuk ilustrasi, teknik drawing halus, teknik melukis cepat, dan basuhan kuas yang besar, dengan efek dimana cat air, atau tinta lebih cepat kering.

Rough merupakan teknik pengeringan kertas yang menimbulkan efek 'gigi yang timbul'. Kelebihannya, warna yang diaplikasikan lebih dapat diserap, karna memiliki pori - pori yang lebih besar.
Serat dalam kertas memiliki fungsi yang cukup penting, dan untuk kertas cat air, serat dari cotton lah yang terbaik karena membuat kertas lebih kuat dan tidak mudah sobek. Pilih yang acid free karena umumnya kertas yang beradar di pasaran Indonesia dibuat dari bubur kayu, yang mau tidak mau memiliki tingkat keasaman.


Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah lapisan Gelatine, yang diaplikasikan pada permukaan kertas. Lapisan ini menciptakan daya ikat yang kuat terhadap medium cair yang dibasuhkan pada kertas, terutama cat air, sehingga mampu mengikat pigmen dengan baik.

Arches dari Canson, memiliki itu semua, ditambah pengaplikasian Gelatin sebanyak 3x untuk tiap permukaan kertas yang diproduksinya.
artikel dari  web medialukis



No comments:

Post a Comment