Thursday, August 7, 2014

TIPS MERAWAT KUAS DENGAN BENAR

WATER COLOUR BRUSHES

Kuas Cat Air yang terbuat dari bulu asli, sebaiknya dicuci dengan menggunakan air pada temperatur suhu ruangan (jangan menggunakan air panas). Dan tidak dianjurkan untuk mencuci kuas dengan cairan pembersih seperti detergen, pencuci piring, atau thinner cat. Anda dapat menganggap kuas tersebut ialah rambut anda sendiri, sehingga pembersihannya dapat menggunakan shampoo yang biasa digunakan oleh anda. Setelah kuas selesai dicuci, rapikan kembali bulu kuas ke bentuk asalnya. Keringkan dengan proses alami, yakni menggantungkan pada posisi bulu kuas menghadap ke bawah. Hal ini bertujuan agar air tidak masuk ke dalam Ferulle (Bagian pada kuas yang menghubungkan handle dengan rambut kuas) yang dapat mengakibatkan karat.

 OIL COLOUR BRUSHES
Untuk proses pembersihan kuas, setelah sisa - sisa cat dilap, kuas dicuci dengan menggunakan sabun, air, dan cairan pembersih kuas. Tetapi ada kalanya kita menginginkan pencucian kuas dengan cepat, sehingga dapat digunakan kembali untuk melukis dengan warna lain. Untuk kondisi ini, anda dapat menggunakan produk Winsor & Newton Artists' White Spirit yang dibuat khusus untuk kuas Anda. Cairan pembersih ini sebaiknya ditampung dalam wadah seperti gelas yang bagian dasarnya diletakan sebuah kumparan atau per sehingga ketika memasukan kuas, bulu kuas menyentuh kumparan / per tersebut. Hal ini dilakukan agar pembersihan kuas menjadi lebih cepat, dan ujung kuas tidak rusak (bengkok) karna mengenai permukaan dasar gelas. Jangan Lupa untuk menutup wadah gelas ketika cairan tidak digunakan, agar cairan tidak menguap. Selanjutnya kuas dicuci dengan air dan sabun, Rapikan bentuk kuas, dan biarkan mengering dengan penggantungan kuas dimana bulu kuas menghadap kebawah.

ACRYLIC COLOUR BRUSH
Kuas Acrylic sebaiknya lekas dibersihkan, karna cat yang terperangkap dekat ferulle akan terus mengering selama anda mengerjakan pekerjaan lukis anda. Walaupun jumlah cat yang terperangkap sedikit, setelah kering cat tersebut akan sulit untuk dibersihkan. cara pencegahannya yakni dengan mencuci kuas setiap 15-20 menit dengan air dan sabun. kami tidak menganjurkan pembersihan kuas dengan menggunakan Acceton karna dapat mengurangi umur kuas dan juga merusaknya, karna pada kuas terdapat bahan Nylon yang larut dalam acetone. Sebagai pengganti Acetone, anda dapat menggunakan cairan pembersih kuas dengan kualitas baik yakni Winsor & Newton Art Gel, yang dapat menjaga bentuk dan kadar kelembaban kuas. Storage Setelah kuas dibersihkan, dirapihkan dan dikeringkan, kuas harus dijaga dan dilindungi. Kuas dari bahan apapun harus dihindari dari tekanan fisik, jangan meletakan kuas dengan tumpuan bulu kuasnya, atau menyimpannya pada container yang terlalu sempit karna akan menekan ujung kuas. hal ini dapat menyebabkan bulu kuas berubah bentuk, patah, rusak, dan sulit kembali ke bentuk semula. Kuas cat air yang dibuat dari bahan rambut asli, harus dilindungi dari ngengat yang dapat bertelur pada bulu kuas. Bulu kuas tersebut merupakan makanan bagi larva yang baru saja menetas. Hindari pula menyimpan kuas di dalam kantung plastik dan di tempat gelap, karna akan menyebabkan kuas berjamur. Kuas berkualitas umumnya dilengkapi dengan penutup bulu kuas (pelindung plastik) , jangan membuangnya karna penutup tersebut sangat berguna untuk melindungi kuas anda, namun berhati hatilah agar bulu kuas tidak terjepit pelindung plastik tersebut. Simpanlah kuas - kuas tersebut pada brush container, dalam keadaan bersih dan kering. Tetapi apabila kuas sering sekali dipakai anda cukup menyimpannya pada sebuah wadah gelas dengan posisi bulu kuas menghadap keatas.
 TIPS :
  1. Selalu gunakan kuas terpisah untuk medium minyak/acrylic dan medium air. Dan juga kuas terpisah untuk varnish, gesso, dan masking fluid.
  2. Jangan biarkan cat acrylic mengering pada kuas anda, karena cat acrylic akan bersifat water-resistant ketika kering.
  3. Jangan tinggalkan kuas dalam keadaan berdiri (dalam posisi bulu kuas berada di bawah) pada wadah air.
  4. Apabila cat sulit dibersihkan dari bulu kuas, bersabarlah dan cucilah beberapa kali sampai cat bersih dari bulu kuas. Jangan menekan atau dengan paksa membersihkan cat dari bulu kuas.
  5. Apabila bulu kuas anda dibuat dari rambut asli, anda dapat melembutkan bulu tersebut dengan mencelupkannya dalam minyak (atau medium yang anda gunakan) setelah kuas selesai dibersihkan.
sumber : http://medialukis.co/merawat_kuas_dengan_benar/?___store=default
gambar dari http://kikiiponk.wordpress.com/2012/04/18/tips-bikin-sepatu-lukis-sendiri/

No comments:

Post a Comment